Monday, September 10, 2012

Analisa strategi ASTRA


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang
              Peran transportasi dalam bisnis memang tak bisa dipandang remeh. Hampir semua lini dalam sebuah perusahaan membutuhkan dukungan transportasi yang memadai. Terlebih dalam iklim kompetisi persaingan bisnis yang kini semakin ketat. Untuk mengurus soal transportasi memang banyak aspek yang harus diperhatikan. termasuk pengelolaan dan perawatannya. Dan itu tentu saja sangat tidak efektif dan efisien, karena dimungkinkan terjadinya pemborosan di sana-sini. Itu pula yang mendorong sejumlah perusahaan besar menyerahkan urusan operasional, khususnya transportasi kepada outsourcing. Jasa transportasi pun ikut bertumbuh kembang seiring dengan semakin efektif dan efisiensinya biaya yang cukup signifikan. Kehadiran TRAC-Astra Rent A Car sebagai penyedia jasa solusi transportasi telah diakui oleh sekitar 2800 pelanggannya. Bahkan hampir semua perusahaan top five menggunakan jasa TRAC. Apalagi TRAC memang memiliki visi untuk menjadi perusahaan jasa transportasi berkelas dunia, sehingga kualitas layanan pun tak bisa lagi mengenal toleransi. Kualitas layanan total itulah yang membuat TRAC meraih berbagai penghargaan. Dan yang terakhir, predikat “100 Most Recommended Brands” lewat metode Word Of Mouth Marketing (WOMM) dari Majalah SWA. WOMM merupakan metode promosi dari mulut ke mulut yang diyakini lebih efektif dan cenderung lebih dipercaya konsumennya.
Seperti diungkapkan oleh General Manager Operation TRAC Jefri R. Sirait, prospek bisnis transportasi, khususnya rental mobil, saat ini memegang peranan penting yang menyangkut orang dan barang dalam sebuah bisnis. TRAC sebagai jaringan bisnis Astra International juga dituntut untuk terus menjadi nomor satu yang didukung dengan sumber daya manusia yang terlatih, berjenjang, dan berkesinambungan, serta jumlah armada sekitar 18 ribuan unit.
Namun demikian TRAC tidak hanya mengedepankan unitnya saja, tetapi secara keseluruhan yang disebut dengan Transportation Management System (TMS). TMS akan memberikan kepada pelanggannya yang ingin menggunakan jasa TRAC, sehingga tak perlu repot mengkalkulasi berbagai biaya yang akan dikeluarkan untuk urusan transportasi. Sebaliknya, TRAC yang akan memberikan pelayanan secara menyeluruh, mulai dari konsultasi, evaluasi, dan solusi terbaik. Dan yang terpenting adalah kualitas layanan total dari TRAC, sekaligus sebagai partner dalam soal transportasi. Bahkan bisa dibilang Trac menjadi departemen transportasi dan bagian dari General Affair di perusahaan pelanggan. “Semua itu didukung dengan infrastruktur, sistem, serta people sebagai nilai lebih yang kami berikan,” ujarnya.
Berbagai perangkat berteknologi terkini juga sudah digunakan TRAC. Selain telah menerapkan teknologi informasi SAP, yaitu sistem manajemen armada dan pengurusan administrasi dengan online system untuk membantu kelancaran operasional pelanggan, TRAC juga menggunakan perangkat Global Positioning System (GPS) yang mampu melacak gerak armada, bahkan hingga konsumsi bahan bakar. Perangkat GPS ini juga telah dimanfaatkan secara optimal untuk memantau kinerja armadanya yang akan berdampak pada efisiensi dan efektifitas transportasi, termasuk komitmen zero accident. Sehingga TRAC akan membantu mendesain kebutuhan transportasi dengan berbagai efisiensi yang cukup signifikan antara 15% hingga 30%. Selain sewa jangka panjang, TRAC juga menyediakan berbagai layanan transportasi seperti TREMO (TRAC Motorental) yang melayani sewa kendaraan roda dua, sewa harian, trucking service, dan beberapa unit bisnis lainnya seperti Mobil 88 (used car), ibid (jasa pelelangan kendaraan), dan O-renz (taksi). Dan yang terbaru adalah Car Pooling, yaitu manajemen kendaraan operasional yang dikelola oleh TRAC secara terpusat. Layanan Car Pooling sifatnya lebih komprehensif dan menyediakan analisa kebutuhan kendaraan operasional perusahaan, pelaporan mendetil penggunaan kendaraan oleh user, rekapitulasi biaya yang dikeluarkan, hingga rekomendasi untuk optimalisasi penggunaan kendaraan.
TRAC kini telah menjelma sebagai perusahaan jasa transportasi terdepan dengan berbagai layanan berkualitas kepada pelanggannya. Sertifikasi ISO 9001-2000 menjadi jaminan menuju kesempurnaan layanan. Hingga saat ini TRAC telah berkembang pesat dan menjadi perusahaan rental kendaraan terbesar yang memiliki jaringan cabang, outlet, dan bengkel yang tersebar di seluruh Indonesia. Demikian pula dengan layanan 24-Hour Customer Assistance Center untuk membantu berbagai masalah transportasi yang akan dilayani dengan keramahan Customer Assistance Officer yang terlatih. Layanan transportasi pelanggan pun akan selalu berada dalam jangkauan. “Jadi, TRAC akan selalu memberikan solusi terbaik apa pun jasa transportasi yang dibutuhkan pelanggan.

1.2 Rumusan Masalah
1. Internal analysis, melalui SWOT dan aplikasikan kediagram SWOT dan matriks 
  BCG.
2. Competitor analysis, tentukan close competitor, pattern competitors, pola reaksi,
  posisi persaingan dan strategi bersaing.
3. Market analysis, tentukan penguasaan pangsa pasar, trend pasar dan perubahan selera
  pasar.
4. Customer analysis, tentukan pola pengambilan keputusan, perilaku konsumen,
  preferensi konsumen, shopping pattern dan bagaimana menanggapinya.
5. Tentukan strategi STP dan diferensiasi.

 BAB 2
ISI

2.1 Internal Analysis
2.1.1 SWOT dari TRAC Astra Rent A Car
Ø  Strength
1. TRAC bermitra dengan The Sari Wangi dari Unilever untuk progam mudik
  barengnya.
2. TRAC memiliki sistem data perawatan kendaraan yang bagus. Seluruh sejarah
  kendaraan tercatat rapi, termasuk hitungan berapa kali kendaraan itu masuk bengkel
  resmi.
3. Para supir TRAC sudah melalui proses pelatihan dan edukasi termasuk keramahan,
  pengetahuan akan jalan dan ringan tangan dalam membantu.
4. TRAC mempunyai jaringan bengkel yang menyebar dibanyak titik. Jumlahnya
  sekitar 500 bengkel.
5. Mempunyai Hotline sehingga mudah dihubungi.
6. TRAC mempunyai 30 cabang untuk rental jangka panjang dengan armada 18.000
  unit kendaraan dan 13 cabang rental jangka pendek dengan armada 1.000 unit
  kendaraan.
7. TRAC menjamin keamanan dengan menyediakan jasa raharja dan asuransi.
8. Trac selalu menyediakan inovasi layanan dan produksetiap tahunnya.
9. TRAC menerapkan teknologi informasi SAP, yaitu sistem manajemen armada dan
  pengurusan administrasi dengan online system untuk membantu kelancaran
  operasional pelanggan
10. TRAC memperbarui teknologi layanannya sepeti memasang perangkatalat
   perangkat alat pelacak posisi jarak jauh (GPS), sehingga kondisi setiap kendaraan
   bisa terpantau.

Ø  Weakness
1. TRAC kurang memberikan iklan di TV.
2. TRAC kurang merata distibusi dalam beberapa wilayah, sebagian besar hanya   
  dikota-kota besar.
3. Harga dari TRAC lebih mahal.
4. TRAC lebih memilih pasar kalangan menengah keatas karena harganya yang lebih
  mahal.
5. Kurangnya persediaan mobil TRAC sehingga pada saat liburan persediaan mobil
  tidak mencukupi untuk melayani pelanggan.

Ø  Opportunities
1. TRAC melihat saat ini banyak perusahaan menggelar acara mudik bareng.
2. Pada saat libur TRAC melihat peluang banyak orang yang bailk atau pergi ke daerah
  lain.

Ø  Threats
1. Banyak persewaan mobil baru yang lebih murah.
2.Muncul pesaing-pesaing baru yang menawarkan kualitas yang bagus.


                                          Many Environmental Opportunities
                 TRAC mempunyai armada       TRAC menyediakan                                                          sekitar 18.000 unit.         layanan konsumen yang
Crucial                                                           berkualitas.                              Enermous
Internal                                                                                                          Internal
Weakness  TRAC melakukan progam        TRAC melakukan progam-     strength
                 paket                                        progam dengan pemberian
                                                                      suvenir.
                                          Grave Environmental Threats

TRAC berada pada posisi star, karena TRAC sudah mempunyai armada yang besar dan wilayah pasarnya mencapai hampir seluruh wilayah Indonesia dan juga kualitas layanan yang berkualitas.


2.1.2 Competitor Analysis
Ø  Close Competitor
Competitor dari TRAC dibagian persewaan mobil hampir tidak, ada tapi hanya perusahaan-perusahaan kecil saja dan kualitas TRAC jauh melebihi pesaing-pesangnya. Tapi dibagian bisnis Taxi yaitu taxi Orenz punyanya TRAC mempunyai pesaing terdekat yaitu Blue Bird Khususnya dikota Surabaya.

Ø  Pattern Competitors
Taxi Blue Bird menggunakan strategi sebagai berikut :
1. Taxi Blue Blue bird mempunyai call center sehingga mudah menerima pesanan dari
  konsumen.
2. Blue Bird juga memakai GPS, untuk mengetahui tata letak tamu dan taxi.
3. Blue Bird memakai sistem MDT (Mobile Data Terminal), untuk mencarikan posisi
  taxi yang berada dekat dengan pelanggan, teknologi initidak dimiliki oleh taxi lain.
4. Supir dari taxi Blue Bird sudah terlatih.
5. Taxi Blue Bird memberikan kualitas yang bagus.

Ø  Pola reaksi
1. Taxi Orenz mempunyai call center, sehingga mudah menerima pesanan dari
  konsumen.
2. Supir dari taxi Orenz sudah terlatih.
3. Harga mahal, tapi kualitas taxi Orenz sangat bagus, sehingga memberikan
  kenyamanan dan keamanan bagi pelanggan.
4. Taxi Orenz mempunyai beberapa pangkalan, sehingga mudah mencapai tempat dari
  pelanggan.
5. Taxi Orenz juga mempunyai radio manual bagi para supir untuk bisa menerima dan
  menghubungi call center.

Ø  Posisi Persaingan
Posisi TRAC berada pada posisi teratas karena penguasaan wilayah hampir mencapai seluruh Indonesia dan juga memiliki Brand image yang kuat, layanan yang bagus dan armada yang besar. Dibagian bisnis taxi yaitu taxi Orenz mempunyai pesaing terdekat yaiu taxi Blue Bird.

Ø  Strategi Bersaing
1. TRAC memberikan layanan yang bagus.
2. Memberikan progam-progam dengan pemberian suvenir, nonton bola bareng,
  jalan-jalanwisata dan pemberian paket.
3. Strategi harga lebih tinggi dan dilengkapi dengan jasa raharja dan asuransi.


2.1.3 Market Analysis
Ø  Penguasaan pangsa pasar
Penguasaan pasar ASTRA hampir seluruh daerah di Indonesia dan memiliki jaringan bengkel dibanyak titk

Ø  Trend Pasar
Trend banyak perusahaan yang melakukan acara mudik bareng dan pelanggan yang melakukan acara balik kekampung atau kedaerah lain.
Perubahan selera pasar
Ditahun 2010 , konsumen sering menggunakan layanan TRAC, karena saat ini konsumen biasa melakukan acara mudik balik kekampung dan kedaerah lain.


2.1.4 Customer Analysis
Ø  Pola pengambilan keputusan
1. Memilih perusahaan dengan strong Identity seperti ASTRA.
2. Memilih perusahaan yang memberikan kenyamanan, keamanan dan kualitas yang
  bagus.Di perusahaan ASTRA ada ketiga hal yang dibutuhkan konsumen tersebut.
3. ASTRA menguasai hampir seluruh daerah di Indonesia.

Ø  Perilaku konsumen
1. Konsumen banyak melakukan acara mudik balik kekampung.
2. Konsumen lebih senang dengan layanan yang berkualitas.
3. Ada pemberian suvenir.
4. Perusahaan yang bisa memberikan keamanan.
5. Perusahaan yang memberikan progam yang menarik.
Ø  Preferensi konsumen
Dalam bidang bisnis taxi TRAC, mempunyai taxi Orenz dan pesaing terdekatnya adalah taxi Blue Bird, sehingga mendapatkan pelanggan taxi Orenz dan taxi Blue Bird saling bersaing dengan meningkatkan kualitas layanan dan membuka pangkalan-pangkalan baru. Sehingga pelanggan bisa menilai taxi Orenz dengan taxi Blue bird yang mana kualitasnya lebih bagus dalam melayani pelanggan.

Ø  Shopping Pattern
Tren saat ini jumlah pelanggan semakin meningkat dan ada tren perusahaan melakukan acara mudik bareng. Jadi tren sepeti inilah yang dimanfaatkan TRAC untuk mendapatkan profit yang sebesar-besarnya dari pelanggan.


Ø  Tanggapan
1. ASTRA harus lebih meningkatkan kualitas dalam layanan.
2. ASTRA harus menambah armada agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen.
3. ASTRA harus membuat progam bagus sehingga bisa digunakan konsumen.


2.1.5 Strategi Segmentation Targeting and Positioning
Ø  Segmentation
Ÿ   Strategy
1. TRAC memberikan layanan yang bagus.
2. Memberikan progam-progam dengan pemberian suvenir, nonton bola bareng,
  jalan-jalanwisata dan pemberian paket.
3. Strategi harga lebih tinggi dan dilengkapi dengan jasa raharja dan asuransi.

Ÿ   Segments
Lebih mengarah kepada kalangan menengah keatas.

Ø  Targeting
Ÿ   Segment attractiveness
1.        Identifiable
TRAC harus meningkatkan kualitas layanan sehingga bisa memenuhi kebutuhan kinsumen.
2.        Substantial
TRAC harus menyadari pentingnya penguasaan pasar, dan harus meningkatkan armada agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen.
3.        Reachable
TRAC harus meningkatkan kenyamanan, keamanan dan siap ringan tangan dalam membantu konsumen.
4.        Responsive
TRAC harus tanggap terhadap kebutuhan konsumen.
5.        Profitable
TRAC harus menjalankan progam khusus hari libur dan pada hari biasa agar dapat membuat konsumen memilih TRAC.

Ÿ   Select the target market
TRAC menargetkan pelanggan-pelanggan dikota-kota besar di Jawa, Kalimantan dan Sumatera.

Ø  Positioning
Ÿ   Identify and develop positioning strategy
1. TRAC memberikan layanan yang bagus.
2. Memberikan progam-progam dengan pemberian suvenir, nonton bola bareng,
  jalan-jalanwisata dan pemberian paket.
3. Strategi harga lebih tinggi dan dilengkapi dengan jasa raharja dan asuransi.
4. Membuat banyak cabang diberbagai daerah.
5. Membuat sekitar 500 bengkel.

Ø  Diferensiasi
1. TRAC memberikan kualitas layanan yang lebih bagus dari yang lain.
2. Supir dari TRAC sudah mengikuti pelatihan dan edukasi.
3. Harganya lebih mahal tapi dilengkapi dengan jasa raharja dan asuransi, sehingga
  membuat pelanggan merasa nyaman dan aman.
4. TRAC mobilnya telah dilengkapi dengan GPS, sehingga setiap mobil bisa
  terpantau.
5. TRAC memiliki sistem data perawatan kendaraan yang bagus




BAB 3
PENUTUP

Kesimpulan
TRAC telah menguasai wilayah pemasaran hampir diseluruh wilayah Indonesia dengan jumlah armada yang besar sekitar 18 ribu unit, dan armada tersebut akan terus ditingkatkan agar bisa memenuhi kebutuhan para pelanggan pada hari biasa dan pada hari libur yang memang lebih membutuhkan armada yang besar supaya bisa menjawab kebutuhan konsumen. Dan TRAC melakukan peningkatan terhadap kualitas layanan sehingga konsumen bisa merasa nyaman dan aman dalam perjalanan. Layanan-layanan yang berkualitas yaitu pelatihan dan edukasi terhadap supir, melakukan inovasi setiap tahun, menggunakan teknologi yang bisa meningkatkan perfoma pekerjaan, mempunyai situs hotline sehingga mudah untuk dihubungi. Mempunyai 30 cabang dan mempunyai 500 bengkel yang ada hampir diseluruh wilayah Indonesia.


Saran
Layanan-layanan yang telah dibuat oleh TRAC sudah bagus, tapi yang perlu ditingkatkan lagi adalah penguasaan pasar yang belum menyeluruh, sehingga armada harus ditingkatkan lagi agar bisa menguasai pasar seluruh wilayah di Indonesia.



No comments:

Post a Comment